Welcome and thank you for your visit

Welcome and thank you for your visit

Monday, April 4, 2016

Belum Terbiasa Menulis

Menulis adalah suatu hal yang tidak mudah bagi yang belum terbiasa. Namun bagi mereka yang sudah menjadi penulis menulis adalah sesuatu yang mudah semua bisa dituliskan, baik riwayat hidup, biografi diri sendiri bahkan biografi orang lain. menuliskan kegiatan sehari-hari, dan masih banyak lagi yang dapat mereka tuliskan. Namun bagi yang belum terbiasa menulis adalah hal yang tidak mudah, bingung apa yang mau ditulis, caranya gimana, dan masih banyak lagi pertanyaan yang bagaimana menulis yang baik, jangan dulu menulis yang baik, menulis saja masih susah, susah karena belum terbiasa. Memang segala sesuatu yang belum terbiasa pasti akan susah atau mengalami kesulitan namun jika sudah terbiasa akan sangat terasa mudah bahkan menyenangkan, tentu ini menurut orang yang sudah ahli menulis. Tapi bagi saya sendiri menulis masih sesuatu yang tidak mudah, masih bingung mau nulis apa? nulis tentang apa? Dari mana mulai nulis? dan masih banyak lagi pertanyaan sehingga belum bisa menulis padahal bagi orang lain atau bagi penulis khususnya adalah hal yang mudah sangat.

Maka latihan adalah menjadi suatu yang perlu dilakukan agar bisa menulis, bagi mereka yang sudah terbiasa memberi contoh bahwa kita kan tiap hari menulis entah itu sms, chatt pada teman, nulis di wall facebook, di twitter, di WA dan BBM, ya emg itu semua bentuk menulis tapi itu kan hanya sedikit saja apa yang kita tulis. beda dengan penulis buku yang begitu banyak tulisannya tidak sesingkat sms. ya itu kan sebagai motivasi agar kamu bisa menulis karena dalam keseharian saja kamu pasti menulis walau hanya dalam beberapa kata, tapi jika hal itu kamu latih dan biasakan maka akan membentuk kamu menjadi terbiasa menulis.

Sesuatu yang belum terbiasa tentu akan mengalami kesulitan padahal jika kamu tahu kesulitan sebenarnya hanya awal saja. Mengapa? karena di awal inilah kamu memang belum terbiasa. jika sudah terbiasa maka ide akan selalu hadir. Gagasan baru akan senantiasa muncul, mungkin ini belum meyakinkan kamu yang belum terbiasa menulis, y emang ini belum karena memang ini tahap latihan menulis.

Ya mudah-mudahan bisa menulis minimal apa yang ada dalam pikiran saat ini. Kelama-kelamaan menuliskan tentang berbagai ilmu yang telah dimiliki serta menuliskan harapan dan impianku serta rencana-rencana baik, untuk kebaikan semua.


by Bisri Mustafa

No comments:

Post a Comment